Blog

Eye Cream Kamu Kurang Ngefek? Coba Lakukan 5 Cara Ini

by in Produk Kecantikan 2 Februari 2023

Krim mata atau eye cream merupakan salah satu dari rangkaian perawatan kulit sehari-hari yang tak bisa dilewatkan. Sesuai namanya, produk ini berfungsi merawat kulit yang ada di area mata, baik kelopak maupun area bawah mata.

Dengan beragam kandungan yang dimiliki, eye cream berguna untuk melembabkan area sekitar mata, sekaligus sebagai anti-aging yang berguna mengatasi tanda penuaan. Misalnya, kantung mata, garis halus, hingga lingkar hitam di bawah mata atau yang membuatmu terlihat seperti memiliki mata panda. 

Tak seperti produk skincare wajah lainnya, eye cream diformulasikan secara khusus untuk area mata sehingga tidak perih saat digunakan. Nah, pertanyaannya, bagaimana cara menggunakan eye cream yang benar untuk memaksimalkan manfaatnya? Simak informasi selengkapnya berikut ini. 

Waktu Tepat Untuk Menggunakan Produk Eye Cream

Produk eye cream bisa kamu gunakan pada pagi hari maupun malam hari. Namun, mana yang harus diaplikasikan terlebih dahulu, eye cream atau moisturizer? Jawabannya, tergantung tekstur eye cream yang kamu gunakan. 

Jika tekstur eye cream lebih padat atau creamy daripada pelembab wajah, kamu bisa mengaplikasikannya setelah pelembab. Sebaliknya, jika teksturnya lebih ringan, kamu bisa mengaplikasikannya sebelum menggunakan day cream atau night cream

Kemudian, jika kamu menggunakan eye cream sebagai rangkaian morning skincare routine, sebaiknya gunakan eye cream setelah mengaplikasikan toner. Selain itu, untuk memberikan perlindungan tambahan dari sinar matahari, sebaiknya pilih eye cream yang punya kandungan SPF. 

Sebagai catatan, untuk penggunaan di pagi hari, hindari eye cream yang mengandung retinol atau retinoid. Sebaliknya, untuk penggunaan eye cream pada malam hari, kamu bisa memilih eye cream yang mengandung retinol atau retinoid. 

Cara Menggunakan Eye Cream yang Benar

Menggunakan produk eye cream dengan cara yang benar

Buat kamu yang baru berniat untuk mulai menggunakan eye cream, atau sudah mulai menggunakan eye cream tapi belum merasakan perubahan berarti, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan saat proses pengaplikasiannya. Apa sajakah? Yuk, poin-poin cara menggunakan eye cream yang benar di bawah ini. 

1. Pastinya Cuci Muka Lebih Dulu

Jangan lupa untuk terlebih dahulu membersihkan wajah menggunakan sabun muka atau facial wash. Setelah itu, aplikasikan toner ke wajah menggunakan kapas. Langkah ini penting agar kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori dapat terangkat sempurna. Dengan begitu, eye cream yang kamu aplikasikan ke area mata dapat terserap maksimal. 

2. Pastikan Jari Kamu dalam Keadaan Bersih

Sebelum mengambil produk eye cream, pastikan kamu sudah mencuci tangan dengan sabun. Langkah ini penting karena daerah mata merupakan area yang sensitif. Jadi, pastikan tanganmu dalam keadaan bersih untuk menghindari adanya kontaminasi debu atau bakteri yang dapat memicu iritasi. 

3. Ambil Sedikit Pakai Jari Manis

Gunakan jari manis untuk mengambil produk eye cream sedikit demi sedikit. Hindari mengaplikasikan produk dalam jumlah terlalu banyak karena formula eye cream yang punya konsentrasi tinggi justru bisa menyebabkan iritasi bila digunakan secara berlebihan. 

4. Tepuk-Tepuk Produk Eye Cream Secara Halus

Setelah mengaplikasikannya tipis-tipis, kamu bisa meratakannya sambil menepuk-nepuk perlahan hingga produk meresap sempurna. Lalu, tarik dan pijat lembut dari arah dalam mata ke arah atas. Setelah itu, tap-tap perlahan area mata yang telah diolesi eye cream hingga produk menyerap sepenuhnya. Jangan lupa, usapkan juga eye cream ke area kelopak mata yang juga rawan menggelap. 

5. Tambahkan Sunscreen

Untuk penggunaan di pagi hari, jangan lupa tambahkan sunscreen setelah eye cream menyerap sepenuhnya. Dengan demikian, perlindungan dari paparan sinar matahari, baik UV-A maupun UV-B yang dapat merusak kulit, akan lebih maksimal. 

Berapa Lama Efek Penggunaan Eye Cream Terlihat?

Efek penggunaan produk eye cream

Efek dari penggunaan eye cream akan terlihat kurang lebih setelah 4 hingga 6 minggu pemakaian. Untuk hasil yang lebih maksimal, disarankan untuk menggunakan eye cream secara rutin setiap hari, pada pagi dan malam hari. Pertanyaan selanjutnya mungkin kapan sebaiknya kita mulai menggunakan eye cream? 

Menurut para ahli kecantikan, kita disarankan mulai menggunakan eye cream saat menginjak usia 20-an. Tujuannya, untuk memberikan perawatan pada kulit area mata agar tetap cerah, sekaligus mencegah dan menunda munculnya tanda penuaan, seperti kerut halus dan bintik hitam. 

Itulah serba-serbi informasi tentang eye cream dan cara menggunakan eye cream yang benar. Untuk memperoleh hasil yang terlihat nyata, tentu tidak bisa kita peroleh secara instan. Butuh waktu dan konsistensi dalam menggunakannya. Meski begitu, dengan kemampuannya mengatasi kulit mata kusam sekaligus menunda munculnya tanda penuaan, eye cream jadi salah satu favorit yang tak bisa dilewatkan. 

Tingginya permintaan produk skincare anti-aging seperti eye cream pun dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan. Hal itu karena sebagian besar masyarakat yang menggunakan produk perawatan kulit memang mengharapkan kulit kenyal dan sehat agar terlihat awet muda. 

Nah, buat kamu yang tertarik terjun ke bisnis kosmetik dan skincare, bisa bekerja sama dengan PT. Neo Kosmetika Industri, jasa maklon kosmetik dan skincare terbaik di Indonesia. Tak perlu ragu soal mutu produk yang dihasilkan. PT. Neo Kosmetika menjamin kualitas produkmu akan tetap terjaga, mulai dari proses produksi hingga pemasaran. 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *