Blog

Nggak Usah Pusing, Ini Cara Memulai Bisnis Kosmetik dari Nol!

by in Bisnis Kecantikan 7 September 2022

Ada banyak hal yang menjadi alasan mengapa memilih bisnis kosmetik sangat menjanjikan. Namun, hal itu saja tidak akan menghasilkan apapun jika Anda tidak memahami cara memulai bisnis kosmetik dari nol.

Terlebih lagi, kini sudah banyak kompetitor yang lebih dulu menguasai pasar. Jika tidak menyiapkan langkah-langkah strategis, maka sulit bagi Anda untuk dapat memperoleh market share dan hasil optimal yang diharapkan. 

1. Back to Basic, Kenali dan Pahami Target Pasar

Ini adalah pondasi awal untuk memenangkan persaingan bisnis! Terlepas dari besarnya target pasar untuk bisnis kosmetik, selama Anda tidak memahami target pasar, maka sulit bisnis dapat berkembang. 

Karena itu, pelajari dan pahami siapa yang jadi target pasar Anda. Hal ini akan menentukan produk seperti apa yang paling pas untuk menjawab kebutuhan mereka hingga cara pemasaran yang paling efektif.

2. Fokus Kembangkan Konsep Produk dan Bisnis

Sekelompok orang sedang berdiskusi mengembangkan konsep produk dan bisnis kosmetik

Setelah tahu apa yang diharapkan oleh konsumen, kini saatnya Anda fokus membuat produk kosmetik yang memenuhi demand tersebut. Pun apabila produk tersebut telah disediakan oleh kompetitor, maka berikan nilai tambah tersendiri untuk menjadi alasan mengapa konsumen memilih Anda, seperti dari segi desain, harga, atau yang lainnya.

Cara Anda memasarkan produk pun perlu diperhatikan. Selain memilih channel untuk keperluan pemasaran digital yang efektif, pertimbangkan apakah Anda hanya akan menggunakan toko online atau juga menyediakan toko offline.

3. Tetap Up to Date dengan Tren Kosmetik Terbaru

Seperti fashion dan bahkan food and beverages, bisnis kosmetik juga tidak lepas dari tren. Anda pun harus mampu dan mengikuti tren yang sedang terjadi untuk mendapat lebih banyak atensi konsumen sehingga meningkatkan sales. 

Sebagai contoh, produk skincare menggunakan niacinamide untuk mencerahkan wajah jadi produk yang paling banyak diburu. Anda pun bisa ikut memproduksi dan menawarkan produk skincare dengan niacinamide berikut beberapa formula lain yang dapat meningkatkan nilai jual dibandingkan kompetitor.

4. Pikirkan Strategi Promosi Produk Kosmetik Anda!

Seorang wanita sedang memikirkan strategi promosi untuk produk kosmetik

Produk sebagus apapun tanpa strategi promosi yang tepat tidak akan memberi hasil yang maksimal. Pasalnya, bagaimana konsumen bisa tahu keberadaan—apalagi kualitas—sebuah produk jika tidak pernah memperoleh informasi tersebut?

Karena itu, pikirkan strategi promosi produk yang pas sesuai karakter target pasar, baik online maupun offline. Contoh, jika target pasar adalah kelompok muda usia 14 hingga 20 tahun, maka jenis media sosial yang cocok kemungkinan adalah TikTok dan Instagram. 

5. Lakukan Survey ke Calon Konsumen

Salah satu kesalahan pemilik bisnis adalah mengabaikan suara nyata konsumen. Artinya, mereka hanya membuat produk berdasarkan apa yang mereka pahami dan asumsi tanpa melakukan validasi terhadap ide yang dimiliki. Akibatnya, produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan kebutuhan pasar dan justru membuang banyak biaya, tenaga, dan waktu.

Karena itu, melakukan survei ke calon konsumen adalah cara memulai bisnis kosmetik dari nol yang tidak dapat diganggu gugat! Cari tahu dengan sebenar-benarnya apa yang menjadi permasalahan kulit mereka dan bahkan solusi yang mereka harapkan.

6. Buat Sampel Produk dan Dengarkan Feedback Konsumen

Contoh sampel produk kosmetik

Begitu mengetahui apa yang jadi isu dan harapan konsumen, tak perlu langsung terburu melakukan produksi massal. Sebaliknya, buatlah sampel produk untuk mengetahui apakah produk tersebut telah sesuai ekspektasi konsumen.

Tentunya, bersikaplah terbuka terhadap penilaian konsumen terhadap sampel tersebut! Jangan enggan melakukan perbaikan agar cita-cita bisnis yang diharapkan dapat terwujud.

7. Pikirkan dan Prioritaskan Legalitas Produk

Beberapa contoh produk kosmetik yang memiliki izin edar untuk dipasarkan secara luas

Jangan main-main dengan legalitas produk. Masyarakat kini jauh lebih melek dan kritis terhadap legalitas, keamanan, hingga kehalalan sebuah produk, terlebih lagi untuk kesehatan dan kecantikan kulit mereka.

Anda harus mulai mempersiapkan dokumen dan hal-hal lain untuk mengurus hak paten, izin edar kosmetik dari BPOM, hingga sertifikat halal MUI. Gandenglah orang-orang profesional yang berkompeten untuk membantu Anda memenuhi prosedur ini jika diperlukan.

8. Pusing dengan 7 Poin di Atas? Jasa Maklon Kosmetik Solusinya!

Kalau masih bingung dengan berbagai hal di atas, gunakan jasa maklon kosmetik seperti  PT Neo Kosmetika. Tak hanya membantu Anda lebih strategis dan efisien dalam proses produksi, jasa maklon PT Neo Kosmetika juga membantu pengurusan dokumen legalitas yang diperlukan.

Dengan standar industri dan berskala internasional, PT Neo Kosmetika juga menyediakan konsultasi gratis bagi Anda yang akan memulai bisnis kosmetik. Anda pun dapat mewujudkan bisnis kosmetik kredibel yang berkualitas yang diburu target pasar.

Baca juga: Yuk, Kenalan dengan Maklon Kosmetik, Bisa Dapat Cuan Gede!

9. Last but Not Least, Siapkan Modal Dana yang Cukup

Pastikan Anda memisahkan keuangan pribadi dan usaha saat menjalani bisnis kosmetik. Seperti keuangan pribadi pula, siapkan dana darurat untuk keperluan bisnis guna berjaga-jaga terjadinya force majure yang memaksa Anda untuk mengeluarkan lebih banyak biaya.

Atur pula keuangan bisnis yang dijalani sesuai pos-pos yang akan dikerjakan. Seperti contoh, siapkan dana untuk promosi diskon, membayar iklan, dan lain sebagainya.

Untuk mendukung pemahaman Anda terhadap cara memulai usaha kosmetik dari nol, kenali pula hal-hal teknis lain seputar produk kosmetik seperti langkah-langkah strategis dalam berbisnis kosmetik, bahan kosmetik apa saja yang aman dan bahan kosmetik apa saja yang berbahaya, ciri produk kosmetik yang berbahaya, dan sebagainya lewat berbagai artikel blog terkait dalam situs ini.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *