Blog

Jangan Itu-Itu Aja! Ini Cara Jualan Skincare Biar Cuan Maksimal

by in Bisnis Kecantikan 15 Februari 2023

Bisnis produk kecantikan seperti kosmetik dan skincare adalah salah satu bisnis paling menjanjikan di masa sekarang. Namun seiring dengan luasnya pasar dan tingginya permintaan, pemilik usaha skincare baru terus bermunculan tak takut bersaing dengan pemain besar sekalipun. Mau tak mau, cara jualan skincare agar laris tak bisa hanya dengan cara-cara lama yang itu-itu saja.

Kalau Anda tertarik untuk ikut meramaikan pasar bisnis industri kosmetik dan skincare, buatlah perencanaan yang matang, mulai dari modal hingga strategi yang tepat. Simak ulasan berikut untuk tips selengkapnya.

Baca juga: 10 Alasan Memilih Bisnis Kosmetik, Cuan Nggak Ada Matinya!

1. Aktif di Media Sosial

Media sosial adalah salah satu platform terbaik saat ini untuk berbagai kegiatan pemasaran. Brand-brand besar sekalipun kini juga menggunakan media sosial sebagai cara untuk tetap dapat relevan dan tak terlupakan oleh brand baru yang tak henti-hentinya muncul.

Anda tidak harus hadir di seluruh platform media sosial sebagai langkah awal. Mulailah dengan satu atau dua platform yang paling populer dan sesuai dengan target pasar. Jika Anda mengincar kelompok usia 15 hingga 30 tahun misalnya, maka TikTok dan Instagram bisa jadi alternatif media sosial yang paling cocok.

Menggunakan media sosial pun juga bukan hanya sekedar posting. Di samping konsistensi, Anda juga harus lebih dulu menyiapkan beberapa hal lain yang membantu strategi berjalan secara efektif, seperti:

  • membuat roadmap penggunaan media sosial sesuai tahap-tahap marketing (funnel marketing)
  • membuat content pillar dan editorial plan (sebaiknya disesuaikan dengan hasil riset mengenai karakter target pasar)
  • membuat campaign secara berkala sesuai objective aktivitas marketing di setiap periodenya

Terutama jika Anda berada di tahap awal, membangun kesadaran apalagi sampai menghasilkan penjualan hanya dengan mengandalkan konten organik di media sosial cenderung sulit.

Oleh sebab itu, Anda bisa coba memanfaatkan layanan ads seperti yang ada di Instagram. berita baiknya, Anda dapat mengatur sendiri pengguna Instagram seperti apa yang sesuai dengan target pasar sehingga iklan tersebut hanya akan tayang di akun pengguna Instagram yang potensial dengan bisnis dan produk Anda.

2. Gunakan Konsep Video

Membuat video pengenalan produk skincare

Video adalah format media yang paling banyak disukai saat ini. Selain lebih atraktif, konsumen juga dapat memperoleh informasi yang lebih utuh mengenai produk yang ditawarkan pada mereka.

Jenis video yang bisa Anda hadirkan pun sangat beragam. Pertama, Anda bisa membuat video pengenalan produk yang memperlihatkan detail dan membangkitkan imajinasi konsumen saat nantinya menggunakan produk tersebut.

Selain itu, Anda juga membuat video tutorial untuk memaparkan informasi yang lebih utuh. Seperti contoh Anda menawarkan produk serum untuk mencerahkan kulit wajah. Anda bisa menampilkan video bagaimana cara yang tepat untuk menggunakan produk tersebut dan jika memungkinkan, tunjukkan bagaimana perbedaan sebelum dan sesudah pemakaian produk.

Anda bisa menyebarkan video di berbagai media dan platform. Selain media sosial, Anda juga dapat menyebarluaskan video promosi di YouTube, televisi, atau videotron dan beberapa media OOH lainnya.

3. Bekerja Sama dengan Influencer atau KOL

Cara jualan skincare agar laris yang satu ini sudah jadi rahasia umum. Dengan munculnya sosok-sosok baru yang memiliki pengaruh cukup besar di media sosial saat ini, Anda punya lebih banyak kesempatan untuk memperbesar peluang.

Namun, Anda perlu berhati-hati saat memilih influencer atau KOL yang akan digunakan untuk mempromosikan produk. Pilihlah influencer atau KOL yang memang relevan dengan bisnis Anda—baik dari segi target pasar, persona, dan sebagainya. Pastikan Anda juga melihat track record influencer atau KOL tersebut sebelum bekerja sama.

Anda bisa menggunakan beberapa influencer atau KOL sekaligus dalam satu waktu untuk membantu meningkatkan product atau brand awareness terutama jika Anda sedang menjalankan sebuah campaign.

4. Bergabung dengan E-Commerce

Bergabung dengan situs ecommerce untuk berjualan

Memanfaatkan kehadiran e-commerce yang ada untuk meningkatkan eksistensi kehadiran sekaligus mendorong konsumen untuk melakukan pembelian produk. Pasalnya, berbelanja di e-commerce dianggap lebih praktis dan aman dibandingkan harus melakukan transaksi secara personal seperti melalui WhatsApp.

Hanya saja, kamu perlu persiapan yang cukup ekstra jika benar-benar ingin bergabung dengan e-commerce. Salah satunya adalah dengan menyiapkan foto produk yang betul-betul berkualitas (resolusi tinggi, desain apik, dan sebagainya). 

Selain itu, berilah deskripsi yang cukup jelas mengenai bisnis serta setiap produk yang Anda tawarkan. Pastikan Anda juga dapat merespon konsumen dengan cepat untuk menjaga ketertarikan mereka berbelanja produk Anda.

5. Buat Situs Web Sendiri

Jika memiliki sumber daya yang cukup, buatlah situs web produk Anda sendiri. Brand atau bisnis yang mempunyai situs web sendiri akan memiliki reputasi dan kredibilitas lebih tinggi. Konsumen pun jadi lebih percaya dengan sentuhan profesional ini.

Ada banyak yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan web. Langkah pertama, Anda bisa fokus untuk menjadikan web sebagai display atau halaman katalog saja. 

Namun sebaiknya, tanpa menunggu terlalu lama, Anda dapat sekaligus membangun sistem transaksi di dalam web. Dengan begitu, konsumen dapat langsung melakukan pembelanjaan tanpa harus berpindah-pindah platform.

6. Penuhi Sertifikasi BPOM dan Sertifikasi Halal MUI

Sertifikasi BPOM jadi pertimbangan penting masyarakat saat ini saat akan memilih skincare setelah melihat cukup banyak kasus penggunaan skincare abal-abal tanpa lisensi BPOM yang tidak menyenangkan.

Baca juga: Waspada Kosmetik Berbahaya, Cek BPOM Dulu! Gini Caranya

Di samping itu, untuk menjaga keamanan serta mendapat lebih banyak kepercayaan dan konsumen, Anda bisa pula sekaligus mengikuti prosedur sertifikasi halal MUI. Hal ini tak dapat dimungkiri dengan fakta bahwa mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim yang perlu mendapat kepastian mengenai kehalalan produk yang digunakan.

Itulah beberapa cara jualan skincare agar laris manis yang bisa Anda lakukan di tengah ketatnya kompetisi ini. Tenang saja, PT Neo Kosmetika Industri hadir untuk membantu Anda mewujudkan bisnis skincare impian dengan berbagai layanan terbaik kami.

Sebagai jasa maklon kosmetik dan skincare terbaik, PT Neo Kosmetika menyediakan layanan konsultasi bisnis skincare dengan tim ahli yang andal. Kami pun hanya menggunakan bahan-bahan alami terbaik untuk menghasilkan produk yang bermutu tinggi dan aman.

Tak hanya itu, PT Neo Kosmetika juga menyediakan layanan untuk membantu pengurusan sertifikasi BPOM serta halal MUI. Kini lewat satu pintu, keperluan bisnis skincare Anda bisa jadi lebih praktis dan mudah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *