Jaga Keindahan Kulit Wajahmu! Kenali Jenis Perawatan Wajah

Untuk menjaga keindahan dan kesehatan kulit wajah, klinik kecantikan menawarkan berbagai jenis perawatan wajah yang beragam. Di tempat ini, tersedia beragam jenis perawatan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kulitmu, mulai dari mikrodermabrasi, chemical peeling, suntik botox dan filler, hingga terapi laser.

Setiap perawatan wajah yang ditawarkan oleh klinik kecantikan memiliki cara kerja, fungsi, dan tujuan yang unik, serta kemungkinan efek samping yang berbeda. Dalam hal ini, pilihan perawatan kulit juga akan disesuaikan dengan kondisi individu dari kulit wajah masing-masing pasien.

Sebelum memutuskan untuk menjalani perawatan estetika di klinik kecantikan, sangat penting bagi kamu untuk mendapatkan informasi yang lengkap mengenai jenis prosedur yang tersedia, manfaat yang dapat diperoleh, dan risikonya. 

Berikut adalah jenis perawatan wajah yang bisa kamu dapatkan di klinik kecantikan serta resiko yang perlu kamu ketahui:

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi melibatkan penggunaan alat khusus untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan kulit baru yang sehat. Prosedur ini populer dalam mengatasi kerutan, kulit kusam, bekas luka, dan tanda-tanda penuaan seperti bintik-bintik atau flek kehitaman.

Prosedur mikrodermabrasi berlangsung dengan cepat, hanya memakan waktu sekitar 20-30 menit saja. Setelah melakukan prosedur mikrodermabrasi, dianjurkan untuk menggunakan sunscreen pada area perawatan mikrodermabasi.

Namun, untuk hasil yang optimal, perawatan ini mungkin perlu dilakukan beberapa kali sesuai dengan arahan dari dokter, sehingga setiap kali kamu menjalani sesi ini, kamu akan merasa semakin dekat dengan kulit yang sehat, cerah, dan segar yang selalu kamu impikan.

Meskipun mikrodermabrasi adalah perawatan yang aman, sebaiknya kamu menghindari perawatan ini apabila kamu mengalami kulit yang kering dan sensitif, jerawat yang merdang, serta infeksi virus seperti herpes simplex.

Chemical Peeling

Chemical peeling adalah jenis perawatan wajah yang menggunakan cairan kimia khusus untuk mengangkat sel-sel kulit mati, debu, dan minyak berlebihan. Hal ini membantu mengatasi perubahan warna kulit tidak merata, seperti flek dan bercak kehitaman, serta jerawat. 

Hasil yang dapat kamu lihat setelah perawatan chemical peeling adalah kulitmu akan terlihat lebih cerah, terhindar dari flek hitam, jerawat, serta mendapatkan tekstur kulit yang lebih rata.

Perlu diingat bahwa chemical peeling juga memiliki risiko seperti kulit kering, iritasi, dan kemungkinan perubahan warna kulit secara permanen. Tetapi jangan khawatir, jika kita mempercayakannya kepada ahli kecantikan yang berpengalaman, kita dapat menjauhkan risiko perubahan warna kulit permanen atau terbentuknya luka parut.

Dermal Fillers

Prosedur dermal fillers adalah perawatan kosmetik non bedah dan dilakukan dengan menyuntikkan fillers khusus pada area wajah tertentu untuk menghilangkan bekas jerawat, kerutan, dan memberikan tampilan bibir dan pipi yang lebih penuh. 

Prosedur ini memerlukan waktu sekitar 30 menit sampai 1 jam. Hasil dari prosedur ini dapat bertahan dari beberapa bulan hingga bertahun-tahun lamanya tergantung dari jenis fillers dan area yang disuntik.

Dalam satu hari pasca perawatan, area yang diisi filler mungkin mengalami pembengkakan dan kemerahan, tetapi akan pulih dalam beberapa hari. Setelah melakukan perawatan dermal fillers, kamu dapat menghindari sinar matahari, minuman beralkohol, serta kopi untuk menghindari efek yang tidak diinginkan.

Suntik Botox

Suntik botox merupakan protein yang dibuat dari toksin botulinum. Botox sebenarnya adalah racun, tetapi jika digunakan dalam dosis kecil dengan bantuan dokter yang tepat, prosedur ini dapat membantu mengurangi kerutan pada wajah serta membantu mengatasi beberapa kondisi medis.

Botox adalah prosedur yang sangat umum digunakan untuk mengencangkan kulit dan mengurangi kerutan. Bahan yang digunakan dalam suntik botox dapat melumpuhkan atau meminimalisir gerak otot wajah sehinggan kerutan dapat dihindari. Botox tidaklah permanen, melainkan dapat bertahan hingga sekitar 3-6 bulan.

Namun, perlu diingat bahwa suntik botox juga dapat menyebabkan efek samping seperti nyeri, bengkak, sakit kepala, dan kesulitan menggerakkan wajah. Tetapi jika kamu serahkan pada ahlinya, efek samping tersebut dapat kamu hindari dan kamu akan mendapatkan kulit yang terlihat awet muda.

Laser Resurfacing

Laser resurfacing membantu mengurangi kerutan, noda akibat penuaan, dan bekas jerawat serta mengencangkan kulit dan membuat warnanya lebih merata melalui penggunaan laser ablatif atau nonablatif. 

Prosedur laser resurfacing dijalanlan dengan cara mengarahkan laser yang terkonsentrasi pada kulit yang bermasalah.

Pada laser ablatif, prosesnya adalah dengan menghilangkan lapisan kulit luar dan merangsang pembentukan kolagen baru, sementara laser nonablatif merangsang pertumbuhan kolagen tanpa menghilangkan lapisan atas kulit. 

Meskipun jenis perawatan ini adalah salah satu yang dapat kamu andalkan untuk hasil yang cepat, ada risiko efek samping dari kedua jenis perawatan tersebut seperti perubahan warna kulit, pembengkakan, dan gatal di area yang diobati.

Perawatan laser resurfacing tidak dianjurkan jika kamu mempunyai kondisi seperti jerawat aktif, memakai obat jerawat dalam setahun terakhir, memoliki kulit yang sangat gelap, mempunyai kondisi autoimun, dan kulit yang kendur.

Nah, kalau bicara soal jenis perawatan wajah di klinik kecantikan, memang dapat sangat membantu mengatasi masalah kulit yang mengganggu. Tapi, tidak boleh lupa juga buat dipertimbangkan risiko efek samping yang mungkin muncul dan biaya perawatannya.

Jadi, sebelum nekat langsung pergi ke klinik, lebih baik konsultasi dahulu dengan dokter kulit atau dokter kecantikan. Mereka dapat memberi rekomendasi perawatan yang cocok buat kebutuhan kamu. Agar tidak perlu mengeluarkan uang dengan sia-sia dan hasilnya memuaskan.

Tingkatkan perawatan kulit wajahmu dengan menggunakan produk kosmetik khusus yang disesuaikan dengan kebutuhanmu. Di Neo Kosmetika Industri, kami menawarkan jasa maklon kosmetik dan skincare yang dapat menghasilkan produk kecantikan berkualitas tinggi yang akan memperkuat dan mempercantik kulit wajah.

Share this post:
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Telegram